Rabu, 09 Januari 2008

MENGAIS DOLLAR DARI ADSENSE


Punya situs atau blog yang keren dan banyak dikunjungi? Kenapa tidak mencoba mengail duit dari situs atau blog yang kita punya? Emang bisa? Ya bisalah...Dengan memasang iklan di situs atau blog kita, maka penghasilan dari dolar pun akan datang.

Yup, itulah AdSense. Secara singkat, AdSense adalah layanan iklan yg dimiliki oleh Google, dimana para pemilik situs dapat memasang iklan tersebut di situs atau blog mereka dan mendapatkan penghasilan tambahan. Iklan yg muncul bermacam-macam jenisnya, bisa berupa teks, gambar, bahkan video. Namun yg pasti, semuanya menggunakan sistem kontekstual (contextual), dimana iklan tersebut akan relevan atau sesuai dengan isi halaman dimana iklan tersebut dipasang.

Trus, dapat duitnya dari mana? Kita (pemilik situs atau blog tersebut biasa disebut publisher) akan mendapat pemasukan dari para pengunjung yang datang ke situs atau blog kita, dan dengan sukarela mau mengeklik iklan-iklan yang kita pasang. So, Anda akan dibayar per-klik iklan yang muncul. Nilai bagiannya diperhitungkan dari besarnya bid yg telah ditentukan oleh si pemasang iklan (advertiser). Meskipun ada faktor-faktor lain yg mempengaruhi, secara umum, bagian yg diperoleh publisher adalah 20% dari nilai bid.

Tertarik? Ada syarat-syaratnya lo...Pertama, situs atau blog Anda harus berbahasa Inggris (untuk sementara Google baru menerima situs-situs dalam bahasa Inggris). Kedua, Anda harus mematuhi segenap peraturan yang telah ditetapkan oleh Google. Lumayan banyak sih, tapi intinya aturan itu berkaitan dengan masalah klik dan impresi yang tidak valid, hal-hal yang mendorong terjadinya klik, isi situs, materi yang dilindungi hukum, aturan webmaster, penggunaan situs dan iklan, penempatan iklan, dan masalah iklan atau layanan dari pihak lain.

Pembayarannyapun cukup mudah. Setiap Anda menerima minimal US$100 per bulan hasil AdSense Anda, maka Anda akan dikirim oleh pihak Google cek melalui pos. Tidak perlu Anda memiliki account Bank asing tertentu.

Namun, jangan salah...untuk mendapatkan penghasilan dalam angka ratusan dolar, perlu kerja keras dan pemahaman yang baik tentang situs dan pemilihan konten dan kata kunci yang tepat. Selain itu ilmu pemasaran agar situs kita dikunjungi banyak orang harus dikuasai pula. Salah satunya adalah ilmu SEO (Search Engine Optimization), kira-kira bagaimana cara agar situs kita bisa kebaca dan keindex ama search engine. Search engine adalah salah satu sarana pemasaran yang paling sering digunakan oleh para publisher untuk memasarkan situsnya.

Dan yang penting lagi adalah Anda mesti bersabar. Biarpun situs atau blog Anda banyak dikunjungi, namun bukan berarti mereka sudi mengeklik iklan yang ada. Selain itu, Anda mesti berhati-hati dengan pihak-pihak yang hendak melakukan click fraud, yaitu semacam kegiatan melakukan klik-klik yang dilarang oleh pihak Google, seperti melakukan klik berkali-kali pada saat yang berdekatan. Sehingga dapat menyebabkan keanggotaan AdSense Anda bisa dicabut oleh Google.

Nah, bagi yang tertarik untuk memasang iklan di situs atau blog, AdSense bisa jadi salah satu alternatif untuk menambah pemasukan bulanan Anda. Untuk lebih paham tentang AdSense lebih lanjut, Anda bisa lihat di situs Cosa Aranda atau di AdSense-Id.

Anda tertarik mencobanya?

Sumber gambar: www..wikimu.com